Minggu, 31 Mei 2015

CARA MENJALANKAN ARDUINO DI LINUX MINT

Arduino merupakan perangkat elektronik dan software yang berbasis open source yang dapat membuat suatu input memberikan efek pada outputnya. Input disini bisa kita buat dari berbagai macam perangkat seperti keyboard, mouse, joystick, sensor, dll. Sedangkan outputnya pun bisa kita buat dari berbagai macam perangkat pula seperti display dot matrix, led, LCD Alphanumeric, speaker, DC-Motor, tampilan web, dll.
Untuk pemula, arduino ini juga menyediakan example yang terdapat di menu file sehingga bagi yang baru ingin belajar pemrograman example ini dapat digunakan. Kemudian bagaimanajika OS anda Linux mint/ubuntu?
ARduino ini dapat diinstall dan dijalankan di linux tidak hanya pada windows saja meskipun cara menjalankannya sedikit.

Berikut adalah cara mengistall arduino:
1. Buka software manager, ketikkan arduino


2. Klik instal, tunggu beberapa menit hingga proses instal selesai


3. Jika sudah selesai maka arduino dapat digunakan

Kemudian berikut cara menjalankan arduino di linux:
1. Pasangkan arduino pada komputer.
2. Buka software arduino.

3. Cek port USB yang tersambung pada arduino, dengan membuka terminal. Ketikkan dmesg | grep usb lalu enter dan ketikkan lagi dmesg | grep tty lalu enter. 




4. Setelah itu maka kita akan tahu bahwa arduino terdapat pada ttyACM0. Pada menu tools ->board pilih tipe arduino yang digunakan misalnya arduino uno, kemudian pada tools -> Serial Port pilih port yang telah dideteksi pada terminal tadi misalnya ttyACM0.
5. Buat program yang diinginkan, dapat juga membuka pada file ->example. Kemudian compile menggunakan tanda centang dan upload menggunakan tanda panah ke kanan.

 6. Setelah muncul done uploading maka output dapat diamati.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar