Minggu, 22 Maret 2015

Kekurangan dan Kelebihan VirtualBox

Software yang cukup terkenal untuk virtualisasi adalah VirtualBox dan VM-ware . kedua software itu membantu kita untuk memvirtualisasikan baik dalam hal instalasi sistem operasi , setting jaringan ataupun yang lainya . kedua software ini bisa memvirtualisasikan semirip mungkin dengan aslinya . Namun setiap aplikasi tentunya ada kekurangan dan kelebihannya.
1.       VirtualBox 

Kelebihan VirtualBox:
1. Gratis
    Inilah hal yang paling mencolok dalam software ini yaitu tidak berlisensi, hampir semua orang suka                 yang gratis namun berkualitas .
2. Ringan
   Ringan disini artinya tidak menghabiskan kinerja komputer baik itu RAM ataupun hardisk . Mudah                digunakan Untuk Pemula
3.   Tidak perlu membeli komputer mahal untuk dapat menjalankan virtualbox ini, cukup mengupgrade RAM atau hard disk untuk mendapat peforma yang bagus saat menjalankan virtualbox .
4.       Image virtualbox bisa digunakan di mesin lain yang sudah terinstall virtualbox. Apabila aplikasi kita di deploy ke virtualbox, kita dapat dengan mudah melakukan backup dan restore jadi tidak perlu membuat dari awal.
5.       Video memory (vga), bisa diatur, performa cpu juga bisa diatur persentasenya.

Kekurangan VirtualBox :

1. Tidak ada vitur "Capture"
Menurut saya ini kekurangan yang sangat menonjol karena apabila software ini ini memiliki fitur capture , maka dengan mudah kita bisa melihat praktek yang kita lakukan sebelumnya (Di Lihat dalam bentuk video).
2. Membutuhkan memory yang besar, dan anda harus pandai-pandai mengatur resource memory untuk setiap virtual machine ( jika beberapa virtual machine dijalankan sekaligus ). Low / kekurangan memory dapat membuat semua virtual machine yang sedang running menjadi hang / crash, dan tentu saja terpaksa direboot agar bisa berjalan normal kembali.
3. Network ID untuk satu buah virtual machine, hanya 4 buah. Masih kalah dibandingkan dengan VMware Workstation bisa mencapai 10 buah.

 2. VMware
  VMware adalah software yang digunakan untuk simulasi dalam hal komputer , baik itu simulasi instalasi sistem operasi ataupun sistem jaringan . nama perusahaan yang memproduksinya adalah VMware, Inc. 

Kelebihan VMware :
1. Terdapat fitur "Capture"
  Fitur capture inilah yang menjadi keunggulan VMware dan tidak dimiliki oleh virtualbox , dengan fitur ini         kita bisa merekam segala aktifitas yang ada saat kita menjalankan VMware.
2. Memiliki tools yang lengkap 
3. Network ID pada VM ware lebih banyak yaitu 10 buah.
4.Pada VMware, jika low memory, tidak sampai hang, hanya menjadi sangat lambat.

Kekurangan VMware:
1. Berat (memakan memori banyak)
    Berat disini artinya kita memerlukan space kosong baik itu hardisk ataupun RAM karena VMware cukup     menyerap banyak kinerja komputer.
2. Software VM ware ini berlisensi sehingga harus membayar lisensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar